Cantik Dengan Buah

Sabtu, 14 Juni 2008

1. Kulit Wajah Normal

a. Tomat

Buah ini berkhasiat menghaluskan kulit dan memudarkan noda hitam di wajah, terutama untuk kulit yang cenderung berminyak.

Cara perawatan : Haluskan 1 buah tomat ukuran sedang, campur dengan 1 sendok madu atau yoghurt, aduk rata. Oleskan pada wajah selama 20 menit. Setelah kering, bersihkan masker dengan lap lalu bilas wajah dengan air hangat.

b. Mentimun

Kandungan air dalam mentimun mempu menyegarkan kulit wajah dan cocok untuk semua jenis kulit.

Cara perawatan : Letakkan irisan mentimun pada wajah beberapa saat, lalu gosok perlahan-lahan ke seluruh daerah wajah dan leher. Untuk membuat masker, campurkan metimun yang telah dicincang dengan yoghurt.

2. Kulit Wajah Berminyak

* Jeruk Lemon dan Jeruk Nipis

Air jeruk nipis bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori dan menghilangkan kelebihan minyak pada kulit.

Cara perawatan: Potong jeruk menjadi dua atau beberapa bagian, lalu usapkan pada wajah perlahan-lahan dan merata, terutama pada bagian hidung dan pipi yang pori-porinya terlihat besar. Diamkan beberapa saat, setelah itu cuci dengan air bersih.

3. Kulit Wajah Kering

a. Pisang

Buah pisang yang lembut dan mengandung minyak sangat baik digunakan sebagai masker untuk kulit wajah yang kering dan kasar.

Cara perawatan: Campur masker pisang dengan madu dan putih telur. Selain dapat mengencangkan dan menyegarkan wajah, campuran tersebut juga berkhasiat mengurangi kerut di wajah.

b. Alpukat

Buah ini baik bagi wajah karena mengandung vitamin, mineral dan minyak alami.

Cara perawatan: Gosokkan bagian dalam kulit alpukat ke seluruh permukaan wajah, biarkan selama 15 menit. Setelah itu basuh wajah dengan air dingin. Lakukan perawatan ini pada malam hari sebelum beristirahat.

Sumber : Majalah Kartika

0 komentar: